• vx
  • xssx
  • adw
  • xsxx

DIRGAHAYU Hari AMAL BAKTI (HAB) ke - 74 KEMENTERIAN AGAMA Tahun 2020 ------- UMAT RUKUN, INDONESIA MAJU

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo

NPSN : 20584489

Jl. Arief Rahman Hakim 02 Kotak Pos 12 Telp./Fax. 0352-461984


mansatupo@yahoo.co.id

TLP : 0352461984


          

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat

Statistik


Total Hits : 291072
Pengunjung : 102473
Hari ini : 34
Hits hari ini : 65
Member Online : 3
IP : 35.173.57.84
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Menjaga Lingkungan dengan APOTIK HIDUP di MADRASAH




 

Musim penghujan di penghujung tahun 2013 ini banyak sekali bencana alam yang terjadi, salah satu factor ditimbulkan oleh ulah manusia yang kurang peduli dengan lingkungan alam sekitarnya. Curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan banjir dan tanah longsong terjadi di mana-mana. Hal ini disebabkan tiada tempat penyerapan air dalam tanah, penggundulan hutan, penyempitan lahan pertanian, pembuangan sampah di sembarang tempat merupakan factor penyebab terjadinya bencana alam.

 

                  Untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, perlu diadakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan.  Gerakan tersebut tidak bisa dilakukan satu dua orang saja tetapi melibatkan semua unsur/komponen yang berada di Madrasah. Salah satu bentuk partisipasi kecil adalah dengan gerakan satu orang satu tanaman. Hal ini dimaksudkan guna menanamkan rasa tanggungjawab akan kepedulian untuk menjaga, memelihara dan mencegah kerusakan lingkungan.

 

                  Bentuk keharmonisan antara manusia dengan alam bisa kita wujudkan dengan penciptaan Apotik hidup disekolah. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian dalam pengobatan. Sementara ini kita sudah terpola hidup praktis dan efisien. Pola hidup praktis inilah yang menyebabkan ketergantungan kita untuk mengkonsumsi obat kimia. Padahal pola hidup praktis bukanlan cara bersahabat dengan alam. Kita lebih sering membeli obat buatan pabrik di banding kita meracik maupun meramu tanaman obat.

                  Mengingat hal tersebut Madrasah dipandang merupakan sarana yang tepat untuk mengenalkan tanaman obat keluarga sekaligus secara ilmiah mereka dapat mengadakan penelitian secara langsung  manfaat dari tanaman obat yang telah mereka tanam. Adapun langkah – langkah yang perlu dilakukan antara lain :

1.      Penanaman apotik hidup dilakukan dihalaman sekolah oleh siswa dengan bimbingan guru matapelajaran yang terkait. ( bila lahan sempit bisa ditanam dipot bunga / polibek ).

2.      Pemanfaatan apotik hidup secara nyata dapat dilakukan dengan cara

a.       Mengoptimalkan fungsi laboratorium untuk penelitian, peracikan dan meramu obat dari apotik hidup.

b.      Memanfaatkan obat-obatan hasil peracikan siswa untuk dikonsumsi

                  Manfaat yang diperoleh dengan adanya apotik hidup di Madrasah antara lain :

1.      Mengurangi ketergantungan terhadap obat kimia

2.      Menambah keindahan dan menyejukkan pandangan, warna hijau dari tanaman secara tidak langsung dapat menghilangkan kepenatan dan keletihan di mata.

3.      Sebagai sarana rileksasi,pada waktu pergantian jam ataupun jam-jam kosong dan waktu istirahat. Kejenuhan kepenatan pikiran akan terkurangi dengan adanya tanaman hijau disekitar kira.

4.      Membekali anak didik menjadi insan yang mandiri, dengan maksud adanya apotik hidup tidak menutup kemungkinan obat-obat yang dihasilkan bisa dipasarkan sehingga bisa menambah income

5.      Sumber obat tradisional / pengobatan alternative   

 

                  Untuk mewujudkan hal tersebut perlu terjalin kerjasama dengan komponen yang ada di madrasah, karena memelihara tanaman agar memberi hasil yang lebih banyak memerlukan perawatan dan pemeliharaan, mulai dari mengolah tanah, menyemai bibit, menanam,menyulam, menggemburkan tanah, menyiram , memupuk, mengendalikan hama penyakit sampai pemanenan. Semoga pengadaan apotik hidup di madrasah memberikan manfaat bagi generasi muda bangsa.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas